Pengaruh Corporate Social Responsibility, Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Safira novita Universitas Islam Majapahit
  • Nur Ainiyah Universitas Islam Majapahit
  • Nurdiana Fitri Isnaini Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Firm Size, Profitabilitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel bebas atas variabel terikat serta menguji variabel intervening apakah dapat mempengaruhi hubungan variabel bebas atas variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu Corporate Social Responsibility (CSR) dan firm size, sedangkan variabel terikat yang dipakai yaitu nilai perusahaan, serta variabel intervening yang digunakan yaitu
profitabilitas. Teknik dalam menentukan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Banyak sampel yang dipakai untuk penelitian ini yaitu 15 perusahaan pertambangan Go Public yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Hipotesis penelitian ini diuji memakai Partial Least Square (PLS). Kesimpulan yang didapat dari hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu menjelaskan jika Corporate Social Responsibility (CSR) dan firm size berpengaruh signifikan atas nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh atas nilai perusahaan, serta profitabilitas terbukti tidak mampu mendukung hubungan Corporate Social Responsibility (CSR) dan firm size atas nilai perusahaan.

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Safira novita, Ainiyah, N. ., & Fitri Isnaini, N. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Prosiding SNABM 1th 2022, 1(1), 439–453. Retrieved from http://snabm.unim.ac.id/index.php/prosiding-snabm/article/view/4